SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA Headline Animator

Kamis, 21 Januari 2010

Menilai Kelebihan dan Kekurangan Diri Saat Interview

Setiap orang yang pernah melakukan wawancara atau interview, pasti pernah di tanya tentang kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Sebenarnya pertanyaan yang simpel, tapi tak jarang bikin kita mengkerutkan kening untuk menjawabnya, termasuk saya sendiri. Kadang kita dibikin terdiam beberapa saat karena kita akan merasa bingung harus menjawab apa. Tapi sebenarnya kalau kita mau jujur pada diri sendiri, kita pasti akan bisa menjawab pertanyaan ini, cuma terkadang kita tidak siap untuk menilai diri kita sendiri.

Akan lebih mudah kita dalam menjawab jika pertanyaannya sedikit dirubah. Misalnya pertanyaannya jadi menyebutkan kelebihan dan kekurangan orang lain, pastinya kita akan dengan mudah menjawabnya. Karena tanpa kita sadari kita akan lebih mudah menilai orang lain ketimbang diri kita sendiri. Pada kenyataannya kita akan lebih mudah untuk menilai orang lain dibandingkan dengan menilai diri kita sendiri.

Untuk menjawab pertanyaan di atas, kita harus tenang dan jujur pada diri kita sendiri. Apa kelebihan pada diri kita yang bisa kita jadikan nilai tambah untuk kita, yang otomatis bisa meningkatkan kans kita untuk mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan. Kelebihan yang bisa kita nilai misalnya kejujuran kita, seikap kita dalam bekerja (kerja keras), Giat dalam bekerja, dan lain sebagainya. Kalau kekurangan kita, inilah hal yang paling sulit kita nilai. Karena kita secara tak sadar tidak mau mengungkapkan kekurangan dalam diri. Tetapi kita sekali lagi harus jujur dalam menilai diri.

Dalam mengungkapkan kelebihan dan kekurangan diri kita atau selama kita interview, hendaknya kita berusaha untuk rendah diri dalam arti bukan merendahkan diri sendiri. Biarkan diri kita terlibat dalam interview dalam keadaan yang natural apa adanya. Justru kalau bisa kita yang lebih banyak bicara dibandingkan dengan orang yang menginterview kita. Ini akan lebih bermanfaat bagi kita, karena kita akan bisa lebih relieks dan komunikatif lagi. sehingga akan menjadi nilai tambah lagi bagi kita.

Akhir kata, Jujurlah pada diri sendiri dan lebih tenang dalam menghadapi wawancara. Semoga tulisan saya ini bermanfaat bagi anda, dan saya doakan semoga anda mendapatkan pekerjaan yang anda impikan. Amien...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar